Mengatasi masalah pada jaringan dan internet PC

INTERNET DAN JARINGAN

   Internet mwrupakan siatem kompiter umum, yang terhubung
secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket. Begitu juga dengan jaringan komputer, merupakan sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja  bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Dalam penggunaanya, Tentu
permasalahan koneksi internet sering terjadi. Berikut ulasan seputar permasalahan internet dan jaringan.

KONEKSI INTERNET LAMBAT

  Ada faktor-faktor yang dapat mempengaruhi koneksi internet
yang lambat, Yaitu sebagai berikut.

ISP (Internet Servise Provider)

     ISP atau biasa dikenal sebagai penyedia layanan koneksi internet jasa lainnya yang berhubungan (pendaftaran nama domain dan hosting). ISP mempunyai jaringan baik secara domeatik maupun internasional, Sehingga pelanggan atau pengguna dari sambungan yang disediakan ole ISP dapat terhubung ke jaringan internet global. Jaringan ini merupakan jaringan transmisi yang dapat mengalirkan data melalui kabel (Modem, Sewa kabel, dan jalur lebar), Radio dan VSAT. Jika Anda menggunakan ISP dengan batasan bandwith, Hal ini bisa terjadi. Disarankan memilih layanan
dari ISP yang menggunakan bandwith internet yang besar dan ekonomis.


MODEM  YANG DIGUNAKAN

  Modem juga sangat mempengaruhi pada konekai internet Anda. Jika memakai modem handphone, Biasanya modem tersebut hanya dapat menerima bandwith sebesar 115 kbps. Tentu hal ini akan membuat koneksi Anda sangat lambat. Gunakanlah modem yang sanggup untuk menerima bandwith yang besar, Jika Anda mendapatkan modem dari ISP, Pakailah kabel USB untuk interfacenya, Karena USB dapat mentransfer data sampai 400 Mbps.


KONEKTIVITAS INTERNET DAN JARINGAN

   Masalah yang terjadi pada jaringan biasa terjadi pada instansi-instansi atau perkantoran, karena koneksi internet yang di pakai bersama-sama. Biasanya untuk dapat mengakses internet dan workgroup (Group Jaringan) membutuhkan beberapa pengaturan pada network connection. Cara settingan daoat di lakukan seperti berikut ini.

1. Klik [ Start Menu] > [ All Program] > [ Accessories] >      [Communication] > [Network setup wizard].

2. Akan muncul halaman pembuka Network Setup Wizard, Klik Next, Kemudian klik Next.

3. Klik pada kotak kosong agar muncul tanda Ceklist, Kemudian klik Next.

4. Pada halaman berikutnya, Pilih opsi Other.

5. Pilih opsi This computer connect to the internet directly or throught a network hub......

6. Halaman selanjutnya, Isikan deskripsi komputer (terserah Anda) dan isikan nama komputer padajaringan, Atau nama sama dengan nama komputer Anda.

7. Isikan nama group sesuai dengan nama group komputer dikantor Anda atau network (jaringan) Anda.

8. Settingan diatas adalah yang paling menentukan dalam membuat group jaringan. Jika nama group salah, Anda tidak akan terhubung dengan komputer lain yang sama-sama terhubung dengan jaringan.

9. Pilih Opsi Turn On file dan printer sharing, Agar bisa sharing printer. Klik Next.

10. Setelah itu, Akan keluar kotak konfirmasi bahwa Anda setuju sharing printer, Klik Yes. Kemudian Klik Next.

11. Pada halaman berikutnya, Klik saja opsi just finis the wizard..... kemudian klik Next.

12. Klik finish. Setelah itu, Akan muncul kontak konfirmasi Restart, Klik Yes.


PENGATURAN KONEKSI INTERNET DI JARINGAN

   Untuk pengaturan koneksi internet, Yang paling penting adalah pengisian parameter DNS yang sesuai dengan dengan DNS yang telah diberikan pihak ISP. Berikut ini langkah settingan internet dijaringan network Anda.


MENGAKSES WEBSITE DENGAN AMAN

   Banyak sekali kegunaan dari internet yang dapat Anda rasakan manfaatnya. Anda bisa menambah ilmu dengan belajar, Mendownload lagu, Video, Bahkan bisa membaca koran di internet. Namun, Semua hal itu bukan berarti tidak mengandung resiko bagi Anda. Bisa saja halaman website yang Anda akses tersebut terserang Virus, dan jika mengakses dan men-download apapun dari halaman tersebu, Bisa saja dapat menginfeksi komputer Anda.

Solusi dari masalah seperti ini sebenarnya tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah komputer terinfeksi dari hal-hal yang berbahaya.

a. Inatall antivirus  dan anti spyware pada komputer dan lakukan uodate secara teratur. Biasanya dari pembuat vendor pembuatm antivirua memiliki update yang terbaru seminggu sekali atau sebulan sekali.

b. Jangan buka dan akses halaman -halaman website yang berbau pornografi atau halaman website yang mengandung konten untuk dewasa (biasanya tempat spyware-spyware bersarang).

c. Jangan download sembarangan, Biasanya situs-situs yang menyediakan software aplikasi ilegal atau bajakan banyak mengandung malware (aplikasi yang berbahaya bagi komputer).

d. Gunakan browser yang aman saat berselancar di internet, Seperti Mozilla Firefox dan Opera. Browser Internet Explorer bawaan Windows diasumsikan dapat menginstal malware pada komputer Anda. Bagi yang menggunakan Internet Explorer untuk berselancar di internet di sarankan untuk selalu meng-update browsernya dari microsoft.

e. Jangan memberikan password email pada orang terdekat sekalipun. Apalagi bqgi Anda yang sering transaksi di internet, Baik membeli barang atau pun menjual barang secara online dengan menggunakan fasilitas VCC (Virtual Credit Card) ataupun Pay pal.

Previous
Next Post »
Show comments
Hide comments

2 comments

Click here for comments
21 June 2016 at 20:12 ×

solusi dari masalahku sudah ketemu, thanks gan

Reply
avatar