Cara simple mengatasi kerusakan yang sering terjadi pada keyboard dan mouse


                     
   Cara simple mengatasi kerusakan yang sering terjadi pada keyboard dan mouse


MOUSE DAN KEYBOARD



Mouse adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data kedalam komputer, Mouse bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yangmenyentuh permukaan keras dan rata. Mouse yang lebih modern sudah tidak menggunakan bola lagi, tetapi menggunakan sinar optic untuk mendeteksi gerakan. Begitu juga dengan keyboard, Perangkat ini digunakan untuk mengetik atau memasukkan huruf, Angka, Atau simbol tertentu ke perangkat lunak atau sistem operasi yang dijalankan oleh komputer. Dua perangkat ini sekarang sudah menggunakan teknologi nirkabel, Baik yang berbasis radio, Sinar inframerah, Maupun bluetooth. Dua perangkat ini sangat sering di gunakan, Sehingga sering mengalami masalah. Berikut uraian seputar permasalahan mouse dan keyboard.

MOUSE DAN KEYBOARD TIDAK BERJALAN DENGAN BAIK

   Permasalahan mouse tidak bekerja dengan sempurna biasanya mouse sudah tidak layak pakai, Karena usia mouse sudah terlalu lama. Jika Anda tetap ingin mempertahankan dan tetap ingin menggunakannya, Anda dapat membersihkan komponen mouse tersebut dengan cara berikut.

1. Jika Anda menggunakan mouse model lama atau mouse ball, Anda dapat melepaskan, Kemudian memberaihkan bola pada bagian bawah mouse.

2. Jika Anda memakai mouse model optik, Anda dapat  membersihkan debu yang menutupi optiknya.

3. Jika Anda menggunakan mouse model bluetooth, Periksa sistem operasi drivernya.


         Selain permasalahan pada mousenya sendiri, permasalahan biasa terjadi karena pada saat Anda mencolokkan kabel mouse ke.CPU tidak sempurna atau port USB/PS2 mouse rusak. Jika Anda mengalami.masalah ini pindahkan saja colokan mouse ke port USB yang lainnya. Jika masih tidak bisa juga,
Bisa membeli card USB tambahan untuk di pasang pada slot PCI di dalam.CPU.

   Lain halnya jika moise Anda yang rusak, Anda bisa melakukan pengecekan pada komputer yang lain. Jika pada komputer lain mouse tersebut dapat berjalan normal, Sistem operasi Anda mengalami kerusakan. Coba scan dengan antivirus system komputernya atau instal ulang system operasi Windowa Anda.

KEYBOARD TIDAK BEKERJA DENGAN BAIK

Seringkali masalah sepele ini seperti ini bisa membuat kepala Anda pusing. Saat komputer tidak mendeteksi adanya keyboard pada sistem, Coba lakukan langkah berikut untuk mengatasi masalah berikut.

1. Jika memakai keyboard dengan port PS2, Kencangkan atau cabut dan pasang kembali kabel keyboard ke CPU.

2. Restart komputer Anda.

3. Jika permasalahan belum terpecahkan juga, pasang converter  PS2 to USB pada CPU. Dalam artian, kabel keyboard yang memiliki ujung yang dicolokkan ke port PS2 disambung dengan converter PS2 to USB. Jadi, Anda mencolokkan kabel  keyboard langsung ke port USB.

4. Jika dengan cara ini keyboard tidak bereaksi juga, Sebaiknya  ganti keyboard dengan yang baru karena keyboardnya rusak. Jika keyboard dapat berfungsi, Berarti port PS2 keyboard pada CPU mengalami kerusakan.

Previous
Next Post »
Show comments
Hide comments

1 comments:

Click here for comments
Unknown
admin
27 July 2016 at 05:48 ×

artikel yang sangat bermanfaat gan. terimakasih banyak. |o|

Congrats bro Unknown you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar