Cara Ampuh Mengatasi kerusakan error CMOS, Error port ps2 dan Tombol power sudah ditekan,komputer tidak mau menyala

A. MOTHERBOARD


    Motherboard merupakan tempat untuk meletakan komponen komponen hardware yang nantinya akan membangun sebuah komputer. Kerusakan pada komponen yang satu ini biasanya sangat jarang terjadi jika kita membeli motherboard yang baru. Namun, Seiring waktu yang berjalan tentunya komponen ini juga akan mengalami kerusakan yang bisa diakibatkan oleh kesalahan dari pengguna atau dari komponen hardware itu sendiri.
Beberapa kerusakan seputar motherboard yang sering dijumpai seperti berikut.


1. PESAN ERROR CMOS

      Jika anda mendapati pesan seperti ini "CMOS error....." pada saat akan menghidupkan komputer, Jangan panik, Karena permasalahan ini biasanya di akibatkan baterai CMOS atau BIOS pada komputer Anda sudah rusak atau settingan BIOS berubah. Permasalahan seperti ini bisa Anda tangani sendiri dengan cara berikut.

a. Buka cassing komputer (CPU)

b. Cari letak baterai CMOS dan keluarkan baterai tersebut. Cara mengeluarkan baterai ini adalah dengan mencongkel sisi yang telah disediakan pada tempat baterai CMOS

c. Masukan baterai CMOS yang baru

d. Setelah baterai CMOS yang baru telah Anda pasangkan  pada tempatnya, Hidupkan komputer dan masuk ke BIOS. Untuk masuk ke BIOS ada beberapa cara yang berbeda tergantung dari jenis motherboard yang anda pakai. Biasanya cukup dengan menekan Delete, F1, Atau F2 pada keyboard saat komputer dinyalakan.

e. Settinglah BIOS Anda dengan mengatur tanggal dan waktu pada BIOS, Kemudian tekan F10 untuk menyimpan settingan yang telah anda buat. Bisa juga dengan memilih menu SaveChange and Exit pada halaman utama BIOS.

2. ERROR PORT PS2

     Tanda dari kerusakan  komponen PS2 pada motherboard adalah salah Anda memasang keyboard atau mouse yang berjenis PS2, Keyboard dan mouse tersebut tidak dapat digunakan, Sedangkan keyboard  atau mouse Anda tidak dapat digunakan, Sedangkan keyboard atau mouse Anda tidak rusak. Pada kasus semacam ini, Anda harus memeriksa atau memperbaiki komponen berikut.

a. Periksa konektor PS2 keyboard atau mouse Anda.  Jika konektornya  bengkok, Luruskan dengan menggunakan  obeng minus.

b. Jika tetap masih error, Ganti dengan keyboard atau mouse PS2 yang baru.

c. Jika menggunakan keyboard dan mouse baru masih error,  Kemungkinan port PS2 Anda rusak. Anda harua mengganti dengan port yang baru dengan cara menyolder port PS2  yang baru pada motherboard.

d. Cara lainnya yang bisa  dilakukan adalah dengan memakai  keyboard atau mouse usb.


3. TOMBOL POWER SUDAH DITEKAN, KOMPUTER TIDAK
  MAU MENYALA

        Permasalahan ini terjadi ketika Anda menekan tombolpower untuk mengaktifkan atau menghidupkan PC, Tetapi PC tidak menunjukkan tanda-tanda kehidupan. Jika hal ini terjadi pada PC Anda, Ada beberapa kemungkinan yang harus di periksa satu per satu secara bertahap dengan langkah-langkah berikut.

MEMERIKSA KELISTRIKAN

a. Periksa semua jaringan listrik. Apakah kabel power supply sudah terpasamg dengan baik?

b. Jika Anda menggunakan UPS (Uniterruptable Power Supply) dan stabilizer AVR (Automared Voltage Regulator), Pastikan semua dalam posisi ON dan dapat berfungsi dengan baik.

c. Jika hal tersebut bukan penyebabnya, Kemungkinan berikutnya adalah pada PC Andas sekarang lakukan pemeriksaan pada PC.


PENGECEKAN KOMPONEN PC

a. Pastikan kabel power yang terpasang ke soket power pada motherboard terpasang dengan baik. Coba Anda tekan-tekan konektor power yang terpasang  ke soket power supply.

b. Jika ternyata tidak mau juga, Pastikan semua kabel yang terhububgke tombol  power pada casing telah terpasang dengan benar pada konektor pinnya  di motherboard.

c. Pastikan power supply memang dalam keadaan hidup, Dengan melakukan pengetesan pada CPU lain.

d. JIka ternyata power supply dalam keadaan baik (melalui pengetesan) dan semua kabel sudah benar, Berarti yang perlu diperiksa adalah motherboard dan processor. Coba pasangkan processor anda pada CPU lain yang sejenis dengan CPU anda. Perhatikan, Apakah CPU dapat dihidupkan? Jika CPU
tersebut dapat hidup, Berarti kerusakan hanya ada pada motherboard. Namun, Jika memang tidak dapat hidup, Berarti processor mengalami kerusakan.

e. Biasanya hal seperti ini diakibatkan oleh kerusakan pada komponen pada motherboard, yang bersangkutan dengan catu daya. Untuk permasalahan ini sebaiknya serahkan pada teknisi yang sudah ahli.

Sekian artikel dari saya semoga artikel bermanfaat, tunggu artikel selanjutnya......


Previous
Next Post »
Show comments
Hide comments

4 comments

Click here for comments
Brilliant
admin
20 July 2016 at 05:19 ×

tutorial yang bagus, kebetulan saya pernah mengalami hal seperti ini :d

Reply
avatar
Rizal Alam
admin
20 July 2016 at 05:28 ×

Makasih gan infonya

Reply
avatar
Unknown
admin
20 July 2016 at 18:15 ×

info yang bermanfaat! kedepannya saya tahu cara memperbaikinya..

Reply
avatar