Begini Caranya Memperbaiki Sistem yang tidak mengenali harddisk baru

A. HARDDISK

       Harddisk digunakan untuk menyimpan berbagai dokumen, Lagu-lagu kesayangan format mp3, instalasi game 3D (yang ukurannya hingga satuan giga byte), Bahkan mengumpulkan video download berformat DivX, Atau master video digital hasil transfer dari handycam.

Tidaklah aneh jika harddisk cepat penuh. Menambah harddisk pun ternyata tidak terlepas dari beberapa masalah yang mungkin saja timbul sebagai berikut.

1. SISTEM TIDAK MENGENALI HARDDISK BARU

     Bisa jadi suatu saat nanti Anda ingin menambah harddisk sebagai media penyimpan data. Namun, Alangkah terkejutnya ketika harddisk baru yang terpasang tidak terdeteksi, Baik pada windows maupun BIOS sekalipun.
Inti dari permasalahan ini terdapat pada pemasangan dan configurasi harddisk. Harddisk bukan termasuk komponen yang sulit dalam proses instalasi. Namun, Ada beberapa langkah harus dipastikan saat memasang harddisk sebagai berikut.

a. Pastikan harddisk sudah mendpatkan catu  daya dari power supply. Kesalah sepele  sepele pasokan catu daya bisa saja terjadi.  Terkadang anda menghubungkan dengan  cabang power dari fan, Yang tidak mendapatkan pasokan daya dari power supply. Hal ini bisa juga diakibatkan minimnya jumlah konektor daya dari power supply.

b. Pastikan setting master dan slave harddisk  tepat seperti yang di inginkan. Atau jika Anda ingin memanfaatkan konfigurasi pada cable select, Pastikan menggunakan konfigurasi tersebut pada  kedua harddisk lama dan baru anda.

c. Jika Anda menginginkan konfigurasi cable select, Perhatikan pemasangan kabel IDE pada harddisk. Beberapa kabel terbaru sudah memberikan tandakhusus, Untuk membantu untuk menentukan konektor
mana yang akan di anggap sebagai slave.

d. Jika itu semua belum dapat menyelesaikan masalah, Alternatif jawabannya ada pada setting BIOS.  Pada pilihan utana integrated Peripheral, Biasanya terdapat pilihan untuk IDE Controller.
Terdapat pula pilihan untuk setting controller harddisk SATA. Sekiranya Anda mengalami masalah serupa, Saat ingin menambahkan harddisk baru ber-interface SATA.Khusus untuk harddisk SATA dan Windows, Jangan lupa untuk menginstalasi driver yang biasanya disertakan oleh produsen motherboard atauupdate-nya, Tergantung chipset motherboard yang Anda gunakannya.

Previous
Next Post »
Show comments
Hide comments