TINDAKAN PENCEGAHAN DAN RECOVERY DATA

TINDAKAN PENCEGAHAN DAN RECOVERY DATA

Permasalahan kehilangan data sering terjadi ketika salah menghapus, Melakukan format, Komputer terinfeksi virus, Atau menghapus partisi secara tidak sengaja. Berikut beberapa tindakan yang dapat Anda lakukan untuk menyelamatkan data di harddisk komputer Anda.

A. MEMBACKUP DENGAN CEPAT SELURUH SYSYTEM DAN
   DATA

Mungkin saja sewaktu Windows Anda mengalami kerusakqn atau datanya hilang. Ini suatu hal yang merepotkan, Pasti membuat kepala Anda pusing tujuh keliling. Apalagi Anda sedang dalam keadaan terdesak dan banyak data penting yang dapat dalam system diperlukan seketika itu.

Jangan khawatir, Sebab ada software yang dapat membantu permasalahan tersebut. Acronis True Image Home 2009 adalah solusinya. Selain penggunaanya  yang cukup mudah, Software ini bisa digunakan tanpa harus repot instal ulang system operasi (menurut infoemasi dari aumber).

Software ini bisa beli di http://www.acronis.com.sg seharga US$ 49,99. Anda dapat mencoba versi trial selama 15 hari. Tetapi untuk hasil yang lebih optimal lebih baik membeli versi original-nya. Berikut langkah- langkah inatalasi software Acronis True Image.

1. Buka Windows Explorer. Klik 2 kali pada file setup Acronis True Image Home.

2. Pilih instal Acronis true Image Home.

3. Proses file copying berjalan, Kemudian klik Next.

4. Pilih Opsi I accept the agreement, Kemudian tekan Next.

5. Tekan Next untuk melanjutkan.

6. Maaukkan serial untuk Anda yqng telah membeli  software ini.

7. Jika ingin mencoba versi trialnya, langsung saja Next.

8. Pilih Typical, Atau boleh juga Complete.

9. Saat muncul tampilan berikutnya tekan saja Next.Tampilan berikutnya Klik proses.

10. Saat proses instalasi selesai akan muncul tampilan Instalation Complete. Klik saja Close.

11. Kemudian muncul konfirmasi untuk restart, Klik Yes saja.

12. Klik 2 kali saja icon Acromis True Image pada desktop komputer.

13. Aplikasi akan meminta Anda untuk me-restart komputer. Klik Yes untuk restart otomatis..

14. Pilih Try Now jika Acromis Anda adalah versi trial

15. Pilih Project untuk memulai proses backup system.

16. Selanjutnya akan muncul username dan password. User name akan terisi secara otomatis. Masukkan password jika Anda menginginkannya. Lalu tekan OK.

17. Proaes backup tunggu hingga selesai.

18. Dengan demikian system komputer Anda sudah terproteksi oleh Acronis. Untuj merestore atau mengembalikan system jika nanti terjadi kerusakan, Anda bisa menjalankan Acronis dan memilih Manage
and Restore.


MEMPERBAIKI SYSTEM SETELAH TERJADI KERUSAKAN

Untuk masalah seperti ini biasanya ada 2 kemungkinan
saja, Yaitu berhasil  atau gagal sama sekali, Sebab syatem sudah rusak parah tidak akan bisa di repair atau diperbaiki, Tetapi harua diinatal ulang. Namun, Sebelum di instal ulang coba Anda me-restore komputer lewat safe mode. Jika Anda tidak bisa masuk ke safe mode, Berarti harus menginstal ulang system komputer Anda.

Berikut langkah-langkah instal ulang system komputer.

1. Masukkan CD Windows XP atau 7 atau mungkin yang terbaru, Lalu masukkan CD drive.

2. Restart komputer Anda dan masuklah kehalaman BIOS dengan menekan tombol Delete, Del, F1 pada keyboard (informasi cara masuk ke BIOS terdapat dalam buku  manual motherboard komputer atau laptop Anda).

3. Setting pada aturan booting untuk boot from CD

4. Simpan settingan BIOS dengan menekan tombol F10 dan biarkan komputer restart otomatis.

5. Tunggu hingga muncuk tulisan Press any key for boot  from CD...... Tekan sembarang tombol saat muncul
   tulisan tersebut.

6. Tunggulah proses sampai muncul pilihan untuk memilih instal Windows atau Repair. Pilih instal fresh dengan  menekan tombol ESC pada keyboard.

7. Selanjutnya akan tampil halaman user agreement. Tekan  tombol F8 untuk I agree

8. kemudian muncul informasi mengenail kapasitas dan keterangan dari harddisk di komputer Anda tentang partisi dan tipe format harddisk Anda.

9. Infirmasi di atas akan memberikan keterangan tentang  partisi dan ukuran harddisk komputer Anda. Tekan [C]  = create partition untuj mengaktifkan partisi dalam harddisk Anda. Jika Anda ingin membagi Harddisk dalam  komputer Anda, Isikan jumlah yang Anda inginkan untuk  kapasitas C:. Sisa kapasitas harddisk dapat Anda bagi lagi menjadi drive D:, E:, F:, G:, dan seterusnya.

8. Setelah partisi di harddisk Anda aktif, Tekan tombol  [Enter] = Instal untuk melanjutkan proses instalasi.

9. Kemudian tertera tipe yang harua Anda pilih untuk format harddisk Anda.

   - Format using NTFS (quick).
   - Format using FAT 32 (quick).
   - Format using NTFS.
   - Format using FAT 32.

10. Disarankan menggunakan format using NTFS karena windows  XP akan berjalan bagus di harddisk yang bertipe NTFS. Untukmenguji apakah di harddiak Anda terdapat masalah/bad sector, Tekan tombol [Enter], Secara otomatis akan mem-format harddisk Anda dan biarkan proses format tersebut berjalan sampai selesai 100%.

11. Pada saat format selesai 100%, Jangan tekan tombol apapun di keyboard. Biarkan komputer secara otomatis meneruskanprosesnya, Kemudian komputer akan meng-copy semua isi filedi CD ROM ke harddisk, Dan biarkan hal tersebut berlangsung sampai selesai 100%. Setesai itu akan muncul delay untuk
restart komputer, Pilih [Enter] = restart atau biarkan saja delay selama 15 detik, Komputer akan melakukan restart secara otomatis.

12. Setelah delay itu selesai, Akan tampil Windows XP dengan indikasi running/berjalan. Biarkan hal tersebut sampai muncul tahap instalasi berikutnya dengan bagan sebelah kiri atas yaitu tahap-tahap instalasi, Kanan atas menunjukkan waktu hitung mundur, Dan kanan bawah merupakan indikator proses instalasi.

13. Biarkan proses berjalan sampai muncul label informasi, Jika Andaingin melanjutkan instalasi tekan [Next], Kemudian masukkan dengan benar serial number dari CD installer Windows XP Anda.

14. Anda akan diminta untuk mengatur waktu pada komputer Anda.Isikan dengan benar sesuai dengan waktu pada saat Anda melakukan instalasi itu. Setelah selesai klik [Next] dan komputer Anda akan meneruskan proses instalasi.

15. Indikator waktu akan berjalan mundur sesuai proses intalasi. Jika di tengah proses Anda minta untuk mengisikan atau mengetel apakah Anda terhubung dengan jaringan, klik [Next]. Jika Anda terhubung dengan jaringan, Isikan tanda tabel. Tabel biarkan kosong jika Anda tidak terhubung dengan jaringan.

16. Jika proses instalasi berjalan lancar, Komputer akan restart.Sekalj lagi, Jangan tekan tombol apapun jika muncul pesanpress any key to booing. Setelah running Windows XP, Komputer akan masuk ketahap akhir instalasi Windowa XP, Anda diminta untuk mengisikan nama user. Jika Anca diminta Registrasi tekan [Yes]:, Dan jika Anda akan registrasi nanti, Tekan [No] dan [Next] sampai muncul pilian [Finish].

17. Sampai tahap ini, Proses instalasi sudah berhasil dan komputer Anda telah siap untuk di gunakan lagi.



MENGEMBALIKAN DATA YANG HILANG TERHAPUS DAN TERFORMAT

   Seringkali Anda atau teman Anda kebingungan karena data pentingnya hilang entah kemana. Banyak hal yang bisa menyebabkan kehilangan data, Baik itu tidak sngaja terhapus, Salah format, Atau karena virus.Jika hal ini terjadi pada Anda. Hal pertama yang harus di lakukan adalah mencari software recovery data. Berikut beberapa software recovery yang dapat Anda manfaatkan.

1. Ontrack EasyRecovery  (htto://www. ontrackdatarecovery)

2. GetDataBack recovery  (http://www.getbackdata.com)

3. Acronis Recovery Expert  (http://www.acronis.com)

4. FinalData Enterprise (http://www.finaldata.com)

5. Undelete  (http://www.undelete.com)

     Program data recovery diatas dapat Anda temukan di websitenya,
 Kemudian instal ke.komputer Anda, Untuk cara penggunaan program tersebut,
Anda bisa membuka di menu help.

Previous
Next Post »
Show comments
Hide comments

4 comments

Click here for comments
Knginfo.com
admin
18 July 2016 at 05:05 ×

Mantap gan , nice infooo

Reply
avatar
AldhoRN
admin
18 July 2016 at 05:20 ×

Thx info nya yaa mantap

Reply
avatar
Unknown
admin
18 July 2016 at 05:30 ×

nice infonya sangat membantu saya

Reply
avatar
Unknown
admin
19 July 2016 at 04:39 ×

Agak ribet sih, tapi bermanfaat nih tipsnya buat pencegahan dan recovery data, makasih Gan :D hehe

Reply
avatar