Memperbaiki audio PC yang rusak

 
                         
A. AUDIO


   Audio merupakan sinyal suara yang dikeluarkan darisuatu perangkat komputer. Suatu perangkat keras digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara. Tentu, Perangkat-perangkat audio yang mendukung komputer tidak lepas dari masalah. Beeikut uraian beberapa permasalahan audio, Mulai dari Sound card, Sistemnya, Dan masalah pada microphone.

1. SISTEM MEMPUNYAI MASALAH PADA SOUND
 
Ketika Anda sedang menghidupkan aplikasi multimedia, Baik muaik atau video, Komputer tidak mengeluarkan suara sama.sekali. Anda dapat mengecek maslah seperti ini sisi software maupun sisi hardwarenya. Untuk pengecekan dari sisi software, Anda dapat memeriksa driver sound sudah
terinstal dengan sempurna atau belum. Anda bisa memeriksa lewat Device Manager dan Sound and Device Properties dengan cara berikut.

Lewat Device Manager
- Klik [Start] > klim kanan [My Computer], Lalu pilih  [Properties].

- Pada system properties, klik tab Hardware dan  klik Device Manager.

- Pada halaman Device Manager, Klik 2 kali pada sound, Video and game controller dan lihat apakah nama driver sudah ada.

- Jika terdapat tanda tanya, Itu tandanya driver sound mengalami kerusakan dan Anda harus menginstal driver sound lagi secara benar.

- Jika terdapat nama driver sound, klik 2 kali nama driver
 sound.

- Terlihat halaman Realtek High Definition Audio Properties, Karena sound card yang digunakan adalah Realtek dan pastikan pada Device Usage dalam.pilihan Use this dwvixw  (enable)


LEWAT SOUND AND AUDIO DEVICE PROPERTIES

Jika cara di atas sudah benar  dan auara tidak keluar, Kemungkinan Anda memiliki soung card lebih dari satu (memliki sound card onboard dan soundcard external). Bisa saja salah satu sound card tersebut mengalami kerusakan dan Anda belum mengganti oengaturan device yang digunakan. Nah, Disinilah gunanya untuk mengecek Sound card dan Audio Device Properties yang bisa diakses melalui langkah berikut.


 1. Klik start dan pilih Control Panel.

 2. Pada halaman control panel, Klik Sound, Speech dan Audio Devices.

 3. Selanjutnya Anda akan menemukan halaman Sound playback. Coba pilih device sound yang dalam keadaan baik. Jika sudah selesai, Klik OK.

Nah demikian cara mengecek dan mengatasi permasalahan pada suara. Jika suara ridak berfungsi juga , Kemungkinan penyebabnya adalah kerusakan pada hardware sound card yangAnda gunakan. Selanjutnya adalah

MASALAH PADA MICROPHINE

     Untuk menangani masalah microphone sebenarnya hampir sama dengan menangani masalah pada sound di atas, Perbedaanya adalah Anda hanya perlu memastikan microphone yan Anda pakai berfungsi dengan baik dan mengaktifkan mic lewat Sound dan Audio device Properties. Berikut langkah-langkah praktis untuk mengaktifkan microphone.

a. Klik Start dan pilih control panel.

b. Pada halaman Control panel, Pilih Sound, Speech and Audio  Devices.

c. Selanjutnya pilih lagi Sound and Audio Properties, Klik  tab Voice. Kemudian klik test hardware dibagian Voice Recording.

d. Selanjutnya Anda akan menemukan halaman wizard untuk hardware microphone. Klik Next.

e. Pada halaman selanjutnya klik Next dan biarkan progress berjalan sampai selesai.

f. Selanjutnya pastikan volume microphine sudah ada.

Previous
Next Post »
Show comments
Hide comments

1 comments:

Click here for comments
30 January 2019 at 00:35 ×

ilmu yangbermanfaat gan solder uap

Congrats bro LOVELYZ TRILOGY you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar